Aksi Heroik Kopasgat, Kopda A Novrizal, Mengevakuasi Kapolda Jambi

Kerinci, Mediator

Seluruh penumpang Helikopter Bell 412 SP Nomor Registrasi 3001 yang membawa Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan akhirnya berhasil dievakuasi pada hari ke-3 atau kurang lebih membutuhkan waktu 54 jam, Selasa (21/02/2023).

Proses evakuasi terlihat jelas dalam vidio yang marak beredar,tampak anggota TNI berpakaian loreng khas dengan percaya diri, mengevakuasi Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono. Aksi menegangkan, bergelantungan dan berputar-putar hingga puluhan kali, membuat warga penasaran,siapakah dia ?.

Hasil penelusuran, anggota TNI yang viral karena aksi yang menegangkan itu bernama Kopda Ahmad Novrizal, dari Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat).

Aksi heroiknya memastikan dan menjaga Irjen Pol Rusdi Hartono ketika ditarik pakai tali, mendapat respons positif dari masyarakat yang melihat video tersebut.

Dia bergelantungan memeluk tandu hoist yang berisi kapolda yang sedang dievakuasi, mulai dari darat hingga memastikannya tiba di dalam helikopter.

Bahkan, dia juga menutup kepala kapolda pakai handuk, memeluk kuat menstabilkan posisi tubuh yang dibaringkan melalui tandu khusus ke udara.

Untuk diketahui, Kopasgat merupakan pasukan elit yang dimiliki TNI Angkatan Udara, biasa juga disebut Korps Baret Jingga.

Dari hasil penelusuran, Kopda Ahmad Novrizal berasal dari Batalyon Komando 462/Pulanggeni.Sebagai anggota dari satuan tempur, ia mengaku sudah terbiasa kondisi yang terjadi seperti video evakuasi tersebut.

Ahmad mengatakan tidak mengalami kendala baik saat proses evakuasi maupin setelah evakuasi.

Ahmad mengaku, proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan memang butuh upaya lebih, karena kondisi medan yang ekstrem.

“Memang kondisis medannya sangat ekstrim, awan tertutup, berada di lembah, dan pepohonan yang tinggi,” jelasnya.

Dia menyebut ketinggian dari dasar atau daratan ke helikopter sekira 75 feet. Berkat kecekatannya, orang nomor satu di Polda Jambi itu dievakuasi dengan aman, setelah 54 jam berada di tengah hutan Kerinci itu.

Seperti diberitakan sebelumnya helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 yang ditumpangi Kapolda Jambi harus melakukan pendaratan darurat akibat kondisi cuaca di kawasan Hutan Tamia, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu 19 Februari 2023.

Saat kejadian, Kapolda Jambi berserta rombongan dalam perjalanan kunjungan kerja ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Berikut daftar nama awak dan penumpang helikopter, yang semuanya telah berhasil dievakuasi, yakni Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono,Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Anant, Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol Michael Mumbunan, Ajudan Kapolda Jambi, Briptu Aditya, Copilot Helikopter AKP Amos Freddy Sitompul, Pilot Helikopter AKP Ali Nurdi, Korspripim Kapolda Jambi Kompol Ayani, dan Mekanik Helikopter, Aipda Susilo.

(ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *