Proses Evakuasi Kapolda Jambi Dan Rombongan, Berakhir

Jambi, Mediator

Proses evakuasi helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 yang mendarat darurat di kawasan Hutan Tamia, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/02/2023), yang ditumpangi Kapolda Jambi, berakhir, Selasa (21/02/2023).

Sebanyak delapan orang yang ada di dalam helikopter tersebut telah berhasil dievakuasi.

“Kita bersyukur pada Tuhan, semua sudah berhasil dievakuasi. Bapak Kapolda sedang dalam perjalanan melalui udara menuju ke Jambi,” ungkap Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, Selasa (21/2/2023) sore.

Sebelum Kapolda Jambi, sudah ada empat korban yang berhasil di evakuasi terlebih dahulu dari lokasi helikopter mendarat Darurat di Hutan Tamiai, Kabupaten Kerinci.

Adapun empat orang yang telah dievakuasi yakni, Direktur Reskrimum Kombes Pol Andri Ananta Yudhiatira, Direktur Polairud Kombes Pol Michael Mumbunan.
Kemudian, Copilot Helikopter AKP Amos Freddy P Sitompul dan ADC Kapolda Briptu Additya Muhardi Saputra.

Baru kemudian Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Ajun Komisaris Ali.

Terlihat dari video evakuasi terhadap Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. Dia diangkat ke helikopter menggunakan papan sambil dijaga oleh anggota tim evakuasi. Papan tersebut ditarik menggunakan tali ke helikopter. Putaran baling-baling tampak membuat papan tersebut berputar-putar hingga sampai ke atas.

Orang terakhir yang dikeluarkan dari dalam hutan TNKS yang sangat lebat, yang menjadi habitat Harimau Sumatera tersebut adalah Kompol Ayani dan Aipda Susilo.

Aipda Susilo adalah mekanik pada Helikopter 189 milik Baharkam Polri, yang mendarat darurat di tengah hutan itu, akibat cuaca buruk pada Minggu (19/2/2023) pagi.

Total ada 6 helikopter yang disiagakan untuk mengevakuasi para korban. Upaya evakuasi sempat mengalami kendala sebanyak 5 kali karena faktor cuaca, hujan dan berkabut tebal.

Para korban yang telah berhasil dievakuasi langsung diterbangkan ke lapangan KONI Merangin, untuk kemudian diterbangkan ke Jambi.

(ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *